Artikel Terbaru

Sebanyak 12.000 Penerima KJMU akan Diputus, Kebijakan Heru Budi Hartono menjadi Sorotan.

(Seorang Mahasiswa yang berhasil lulus, pamerkan pakaian toga, sertifikat serta alat kerja yang ia gunakakan. Sumber: pixabay.com) KutuBuku.com- Pada tanggal 5 Maret 2024 terjadi kehebohan kalangan mahasiswa asal Jakarta KJMU akan terancam putus. Menjadi trending ke 24 di X salah satu linimasa membahas isu beasiswa lokal tersebut yang pertama kalinya di sorot. KJMU kepanjangan dari Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul  merupakan beasiswa lokal DKI Jakarta yang telah di mulai pada masa kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan Periode 2017-2022. KJMU merupakan lanjutan dari KJP (Kartu Jakarta Pintar) yang telah berjalan sejak kepemimpinan Gubernur Joko Widodo Priode 2012-2014 dan Basuki Thaja Purnama Priode 2014-2016. KJMU merupakan janji politik Anies Baswedan dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta Priode 2017-2022. Akhirnya, ia dapat memenangkan pemilihan tersebut berpasangan dengan Sandiaga Salahudin Uno. Tujuan adanya KJMU sebagai bentuk upaya pemerintah provinsi DKI Jakarta untu

Masuk SMK ? Siapa takut !!




Logo SMK

Assalamualaikum wr.wb.. Salam Sejahtera untuk Kita semua. Setelah Jilid 1 Telah Di Posting yang mengenai Sekolah Menengah Atas (SMA), Kali ini Penulis akan memposting Jilid 2 yaitu tentang “Masuk SMK ? Siapa Takut!” Seputar Penuh Tentang SMK untuk memantapkan diri untuk memilih Sekolah yang Tepat. Artikel ini berupa Opini atau mudahnya gambaran kepada adik-adik Pelajar lulusan SMP Yang mau Lanjut Pendidikan SMA,SMK, Atau MA.

Baca Juga : Lulusan SMP Ke Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Berikut Penjelasan!

Sekolah Menengah Kejuruan

      Sekolah Menengah Kejuruan yang biasa di singkat SMK Yaitu Sekolah Formal Di naungi Mendikbud dan Menteri Tenaga Pekerjaan ( Menaker) Mengapa ada Menaker ? Karena SMK ini di Proyeksikan Untuk Dunia Industri dan Usaha setelah Lulus Nanti, Apa Bedanya Dengan SMA ? Bedanya SMK Tersendiri yaitu SMK Ini Mengajarkan Materi dasar Pekerjaan yang biasanya di lakukan Orang tua Kamu Keseharian. Setelah Lulus nanti Tidak Kaget Dengan Dunia Kerja Selanjutnya. Mendapatkan Lisensi Merupakan Bonus Tersendiri Lulusan SMK Untuk Memudahkan Pekerjaan Kelak. Tentang SMK Harus Simak dulu nih Bagaimana Seluk Beluk SMK Ketimbang SMA, Berikut Penjelasan :

Memiliki Bidang Keahlian di SMK :

SMK Tentu Memiliki Bidang-Bidang Yang Menjadi Titik Fokus Keahlian Sekolah. Di ketahui SMK Terdapat Bidang-Bidang Yaitu :

a.       Bisnis dan Manajemen

Untuk Bidang Keahlian Ini akan menghasilkan Lulusan yang Jago dalam Bisnis , Biasanya Bisnis ini di kategorikan Sebagai Usaha. Apabila kamu Pernah Usaha apa saja Bisa nih Untuk Masuk Jurusan ini untuk memperdalam Ilmunya. Di barengi juga dengan Manajemn. Manajemen Itu Mengatur Strategi bidang usaha/Perusahaan agar terkontrol dengan Baik tidak salah arah. Pecahan dari Jurusan Ini yakni 1. Akutansi , 2. Pemasaran, 3. Administrasi Pekantoran.

b.      Teknologi Informasi dan Rekaya

Untuk Bidang Keahlian ini akan menghasilkan Lulusan Yang Jago IT. Di ketahui Lulusan di Mari di percaya memegang akun Perusahaan Terbesar sehingga sangat Berat untuk mendapatkan ilmunya. Cocok bagi kamu yang suka Otak Atik Perangkat Lunak atau Komputer. Pecahan dari Jurusan ini yakni 1. Multimedia, 2. Teknik Komputer Jaringan , 3. Rekayasa Perangkat Lunak , 4. Sistem Informasi dan Jaringan Aplikasi.

c.       Teknologi dan Rekayasa

Untuk Bidang Keahlian Ini Akan Menghasilkan Lulusan Teknik yang Bekualitas. Biasanya yang Bidang Keahlian ini di sebut sekolah STM ( Sekolah Teknik Mesin ). Banyak sekali Lulusan Pelajar SMP Yang Menginginkan Masuk STM Karena Jiwa Remajanya Banyak di situ. Perlu Di antisipasti juga Sekolah STM ini sarat Dengan Kasus di jalanan Terlebih Beurusan dengan Kepolisian Setempat jadi Hati-Hati saja. Pecahan dari Bidang Keahlian ini Yakni 1. Teknik Instalasi Tenaga Listrik, 2. Teknik Audio Video, 3. Teknik Pengelasan, 4. Teknik Otomotif Mobil/Motor, 5. Teknik Otomasi Industri, 6. Teknik Pendingin dan Tata Usaha, 7. Teknik Tenaga Listrik. Dan Semua Teknik.

d.      Pariwisata

Untuk Bidang Keahlian Ini akan Menghasilkan Lulusan Yang Berkaitan dengan Pariwisata Tentunya. Bidang Keahlian ini biasanya di isi Oleh Pelajar Perempuan terbanyak sebab Keinginannya. Tidak Heran Pelajar Laki-laki Sedikit untuk bidang keahlian ini. Pecahan Dari Bidang keahlian ini yakni 1. Usaha Perjalan Wisata, 2. Perhotelan, 3. Tata Boga , 4. Kecantikan Kulit dan Rambut, 5. Tata Busana , 6. Spa dan Beauty Theraphy.

e.       Seni dan Industri Kreatif

Bidang Keahlian ini akan menghasilkan Lulusan Seniman berharga tinggi sebab telah menciptakan karya semasa Sekolah. Bidang Keahlian ini sangat berat apabila tidak memiliki Jiwa Seni baik tangan maupun alat. Pecahan dari bidang keahlian ini yakni : 1. Seni Lukis, 2. Seni Patung, 3. Seni Musik , 4. Seni Tari , 5. Animasi, 6. Desain Komunikasi Visual, 6. Broadcasting dan penyiaran. Dll.

Baca Juga : Bidang Keahlian SMK Lengkap Lingkungan dan Pergaulan

LULUSAN SMK :

Lulusan SMK sangat di nanti semua Orang, Sebab dengan Lulusan SMK Sudah Memperoleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LPS) Yang langsung di keluarkan Oleh Dinas Tenaga Kerja. Di harapkan Lulusan SMK ini tidak Menganggur Suatu saat. Ada Beberapa Gambaran Lulusan Yakni:

1.      Lulusan SMK Dengan Nilai Tinggi , Jika Kerja akan Mendapat kan Pekerjaan yang sangat Fantastik di barengi Bayaran yang tinggi. Yakni Lulusan SMK Ini Kebanyakan Bekerja di BUMN (PLN,Pertamnina, PGN , Dll ) Sehingga tidak Di ragukan. Jika Kuliah di harapkan Melanjutkan Jurusan Teknik di Rasa saat SMK Salah Jurusan

2.      Lulusan SMK dengan Nilai Standard, Jika Kerja akan Mendapat Pekerjaan Yang baik Sangat Senang Apabila Bisa masuk Ke BUMN. Jika Kuliah Pilih lah jurusan Mu yang sesuai Kemampuan Jangan Memaksakan diri ke tingkat di atas kamu.

3.      Lulusan SMK Dengan Nilai Rendah. Jika Kerja Sangat Sulit apabila Tidak berusaha sebelum Terjadinya Test dll. Di harapkan Belajar lebih giat lagi akan sesuai Keinginan. Jika Kuliah Belajar kembali dengan usaha yang giat akan Bisa Masuk Kuliah sesuai Keinginan.

4.      Selain Point 1,2,3  Kamu Bisa Mendirikan Usaha Mandiri tidak Perlu Memiliki Nilai sebab banyak Tokoh yang sukses mendirikan Usaha.

So.. Pelajar Bagi yang ingin Melajutkan SMK Begitulah Gambaranya Anak SMK. Semua Kembali Kepada kamu semua. Jika mau Berhasil di SMK Giatlah Belajar agar mudah mendapat pekerjaan yang baik. Untuk MA Akan Hadir Jilid 3. Tinggalkan Komentar Berupa Kritik dan Saran Guna Menyempurnakan Tulisan Ini kelak Terima kasih

Wassalamualaikum Wr.Wb

 

Kings_Site.id

Komentar