Artikel Terbaru

Sebanyak 12.000 Penerima KJMU akan Diputus, Kebijakan Heru Budi Hartono menjadi Sorotan.

(Seorang Mahasiswa yang berhasil lulus, pamerkan pakaian toga, sertifikat serta alat kerja yang ia gunakakan. Sumber: pixabay.com) KutuBuku.com- Pada tanggal 5 Maret 2024 terjadi kehebohan kalangan mahasiswa asal Jakarta KJMU akan terancam putus. Menjadi trending ke 24 di X salah satu linimasa membahas isu beasiswa lokal tersebut yang pertama kalinya di sorot. KJMU kepanjangan dari Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul  merupakan beasiswa lokal DKI Jakarta yang telah di mulai pada masa kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan Periode 2017-2022. KJMU merupakan lanjutan dari KJP (Kartu Jakarta Pintar) yang telah berjalan sejak kepemimpinan Gubernur Joko Widodo Priode 2012-2014 dan Basuki Thaja Purnama Priode 2014-2016. KJMU merupakan janji politik Anies Baswedan dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta Priode 2017-2022. Akhirnya, ia dapat memenangkan pemilihan tersebut berpasangan dengan Sandiaga Salahudin Uno. Tujuan adanya KJMU sebagai bentuk upaya pemerintah provinsi DKI Jakarta untu

Lulusan SMP/Mts mau Kemana ? SMA Bisa Kok



    Penulis akan Memberikan Solusi Untuk Pelajar Yang Kini Lulus SMP Baik Swasta Maupun Negeri Agar Kemantapan Hatinya kekeh untuk memutuskan Sekolah Dimana. Artikel Ini hanya Pendapat yang Menggambarkan Situasi karenanya Penulis Sudah Lulus dari bangku sekolah.
    Baiklah Melanjutkan sekolah Tentu Menjadi Idaman Semua Orang Tanpa Terkecuali. Karenanya, Melanjutkan sekolah untuk meneruskan masa Indah yang pernah di lakukan sejak di bangku SMP Lalu. Tapi, Kita tidak boleh Larut dari masa SMP karena ada Masa Yang paling indah selanjutnya Yaitu SMA/SMK. Bagaimana Si Dunia SMA/SMK ? Apa Yang Kita Dapatkan Di masa SMA/SMK? Setelah Lulus SMA/SMK Apakah Sulit Kerja Atau Tidak ?
    Pertanyaan Di atas Sering Kali Admin Dengar Dari Adik-Adik Pelajar di kala Lulus SMP. Bagaimana Tidak ? Mereka di landa Kebingungan Terhadap Pilihan yang akan di tempuh selanjutnya sebab akan Mempngaruhi Proses Belajar 3 Tahun saat nanti. Mari Kita Simak Bersama-Sama :
Sekolah Menengah Atas ( SMA)
    Sekolah Menengah Atas Atau Di kenalnya SMA Merupakan Sekolah yang sangat Di Incar oleh Pelajar-Pelajar lulusan SMP. Mengapa Tidak ? Terkenalnya Dunia Bucinnya para remaja di Karenanya Terobsesi dengan Sinetron bahkan sebuah Drama K-Pop sangat merasuki jiwanya. Mengetahui Dunia SMA Seperti A, B Dan C padahal Tidak Sepertinya. Dunia SMA Banyak Pantangannya Selain Mengikuti KBM ( Kegiatan Belajar Mengajar) Di kelas. Itu saja Tidak Cukup Untuk Berproses. Tekad yang kuat Untuk Beradaptasi dengan Anak-anak yang Sudah Masuk Kategori Remaja harus sudah Membiasakan diri dengan Iman yang Kuat. ada Beberapa Point yang harus Tau :
  • 1. Pergaulan, Pergaulan anak SMA Berbeda dengan Anak SMP Pada Umumnya Atau Sepantara Teman SMP. Karenanya Masa SMA Ini Mulai Meninggalkan Masa Kealay an seperti Selfie Miring, Atas, Bawah dll. Foto di buat Lagu di goyang-goyangi nada yang Bucin. Semua Itu sudah mulai di hilangkan masa SMA Nanti. Penyesuain Status SMA Mempengaruhi Tindakan yang sewaktu SMP Alay , Kini masa SMA Dengan Tindak Biasa aja atau Sewajarnya. Pergaulan Masa SMA Pun ada yang Baik/ Buruk. Sebab Anda Akan mengetahui Tindakan yang Anda belum pernah alami jadi Terkejut Dengan Orang yang baru di kenal. Tergantung kamu Mau di jalan mana Baik atau Buruk. 
    • Pergaulan baik Contohnya Pertama, ada beberapa Teman-Teman kamu Di ajak Ibadah. Jika kamu bukan Tipe yang Ibadah Terus jangan terpaksa untuk ikut akan timbul kerisihan itu tidak baik. Jika kamu tipe yang bisa di ajak ibadah terus terusan itu akan lebih baik. Pastinya Teman-Teman yang Sering Beribadah orangnya kalem. Kedua, Teman kamu Mengajak Nongkrong Kamu tipe yang mau atau tidak, Jika Mau maka kamu akan mendapat teman yang banyak tapi jangan harap Pulang kerumah akan lama, Jika kamu Tidak mau di ajak nongkrong suatu saat kamu Tidak di ajak lagi. Tidak menjadi masalah jika kamu seperti itu sebab Memikirkan ada kerugian waktu dan Tugas sekolah. Ketiga, Teman Kamu ada yang Pintar , Segera kamu Gaul kan sebab kamu akan Ketularan Pintar Mata Pelajaran. Ketiga ,Teman Kamu Mengajak Bisnis, Segeralah Kamu ikuti. Ingat Bisnis yang di bangun olehnya bukan orang lain sebab hasilnya terasa yang di bangun sendiri.
    • Contoh Pergaulan tidak baik, Pertama, Jika Teman kamu Terkenal dengan "Shopping" mulu kamu jangan memaksakan untuk ikut apabila tidak memiliki Uang yang banyak, Sebaliknya kamu memiliki Uang silahkan asal jangan Membuat Susah Orang Tua. Kedua, Teman Kamu Mengajak Bolos, Kamu Jangan Ikut-Ikutan Bolos apabila Tidak ingin Ketinggalan Pelajaran Kerugiannya kamu tidak merasakan Bandel di Masa SMA, Sebaliknya Jika kamu membolos akan memiliki Kenangan yang indah masa SMA Tentu kerugiannya akan Tertinggal Pelajaran. Ketiga, Teman Kamu Sering Kali Tidak Mengerjakan Tugas Di Hukum Terus. Kamu Boleh Ikut-Ikutan Jika di rasa Mau merasakan Bandel di kelas X maupun XI, Sebaliknya apabila kamu mengerjakan Tugas yang lain tidak maka kamu harus siap di Kucilkan. Pastikan 60% Siswa dulu Mengerjakan. Jika tidak kamu akan Ikut-Ikutan Tidak Mengerjakan Tugas. Kempat, Teman Kamu Berpacaran Di kelas. Apabila ada Teman Kamu yang berpacaran jangan kamu ganggu, Karena jika sudah berpacaran kamu seolah di lupakan sebab pacaran segalanya. lebih baik di jauhi agar kamu tidak kena Imbasnya. 
  • 2. Lingkungan, Lingkungan Dunia SMA Pun Beragam Tergantung Kamu Mau di Kubu Mana. Pertama, Jika Berada Lingkungan kelas yang suasana nya "Kaya" Kamu Harus Tahan Banting Karena Yang berada di lingkungan Tersebut akan Minder jika tidak Sama dengannya. Jadilah diri sendiri Yang senderhana jangan di paksakan. Kedua, Jika Berada Lingkungan Kelas " Pintar" Kamu Jangan Minder, Kamu Merasa paling "Bodoh (Kasarnya)" Padahal ada lagi selain kamu. Tidak Mungkin 30 Siswa Pintar Semuanya hanya saja Prosesnya itu yang membuat Suasana Pada Pintar Semua. Ketiga, Lingkungan Kelas Terkenal Bucin, Pacaran Di kelas, Berduaan, dll Itu hal yang sering di jumpai Dunia SMA. Jika Tekad Kamu mau belajar Sudah Lakukan Hal-hal yang berbau Pelajaran jangan Mengurusi Mereka. Jika tekad Kamu Mau sambil Bucin Tidak Heran Nanti kamu akan Terkena Cinta dengan Cowo-Cowo SMA. Lingkungan Sekolah juga Bucin Pacaran Di taman, Lapangan Atau Emperan Itu hal biasa yang di jumpai masa SMA. Jangan sampai Kamu Menegurnya sebab akan di Omelin dengan bahasa yang bikin sakit hati.
  • 3. Organisasi/Kegiatan Ektrakurikuler, Pembahasan Paling Penting Sebab Saya Sarankan kamu Harus mengikuti Organisasi Baik OSIS Maupun Eskul, Apabila kamu memiliki Jabatan Di OSIS dan Eskul itu akan menambah Pengalaman Organisasi Di Curiculum Vitae ( Pelajaran Kelas 11 atau 12) yang di fungsikan Untuk Melamar Kerja di Perusahaan yang di inginkan. Adapun Kelebihan dan Kekurangan Ikut Organisasi Sebagai Berikut :
    • Kelebihan :
      • Kamu Mengikuti Organisasi Baik OSIS maupun Kepengurusan Eskul akan memiliki banyak Jaringan/Teman Kenalan Sekolah dari Jurusan Mana Saja, (Bagi yang sudah OSIS/Eskul Masa SMP Sudah Terasa Kelebihannya) Sebab kamu akan merasa diri kamu memiliki banyak teman tidak hanya di kelas saja. 
      • Kamu Mengikuti Organisasi Osis/Eskul akan selalu di ajak Pergi Kemana-mana ( Kunjungan Sekolah Lain) Bersifat Internal jadinya Orang selain Pengurus Osis/Eskul Tidak bisa ikut. Terlebih akan saling mengenal satu sama lainnya.
      • Kamu Mengikuti Organisasi Osis/Eskul akan mengenal Struktur Kepengurusan, Seperti Ketua, Wakil , Sekretaris, Divisi-Divisi dan lainnya. beserta Fungsi , Tugas, Peran yang di emban kan Oleh nya untuk seluruh siswa.
      • Kamu mengikuti Organisasi Osis/Eskul akan mengenal Program Kerja ( Proker), Proker ini merupakan Rencana Pengurus untuk di wujudkan dan di rasakan Oleh Seluruh siswa secara Terstruktur dan Terarah.
      • Kamu Mengikuti Organisasi Osis/Eskul Selalu Menjadi Panitia serta di istimewakan dari Peserta ,Contoh kegiatan Seminar. Kamu sebagai Panitia akan mendapat Konsumsi makan Nasi beserta lauk yang enak , sedangkan Peserta Hanya Kue, Air Putih dll. ( Tergantung Anggaran Kegiatan).
      • Kamu Mengikuti Organisasi Osis/Eskul Mengenal Debat Pikiran, Debat Pikiran ini untuk di ajukan kepada Pimpinan Sekolah jika di rasa Tidak di untungkan atau di rugikan , Para Pengurus ini di persilahkan Berpendapat kepada sesama yang baik untuk mendapat Solusi Bersama. 
  •  Kekurangan :
    • Kamu Pengurus Osis/Eskul, Waktu kamu akan berkurang dengan Keluarga. Sebab jika kamu sudah Pulang sekolah kamu tidak balik kerumah melainkan ke ruangan Kegiatan mu.
    • Kamu Pengurus Osis/Eskul , Keegoisan akan terjadi di antara kamu dan dia. Hal ini paling sangat di khawatirkan karena dapat memecah belah yang lainnya. Peran Ketua Aktif di sini sebagai Penengah keributan.
    • Kamu Pengurus Osis/Eskul, Memiliki Rasa Bosan Apabila Di cueki Teman-Teman. Cobalah kamu memulai Pembicaraan apabila dia tidak mau terlebih dahulu.
    • Kamu Pengurus Osis/Eskul, Memiliki Rasa marah di kala Di minta Kerjasama kamu Sendiri. Kamu harus mengajaknya dengan baik, Menanggapinya seperti itu harus dengan hati yang tenang agar tidak terjadi keributan.
    • Kamu Pengurus Osis/Eskul Siap Di kucilkan Apabila kamu Terdapat Masalah yang besar sehingga sulit di maafkan. yang kamu lakukan perbaiki semuanya agar bisa di beri maafnya.
    Masih banyak lagi kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu dapatkan apabila sudah mengikuti kegiatannya. Ini hanyalah gambaran yang Terjadi pada Masa SMA.
Jurusan SMA :
Jurusan sangat Vital untuk kelanjutan Proses Belajar Mengajar. Dengan Pilihan Jurusan Ini akan Menentukan 3 tahun kamu untuk menyelesaikan masa SMA. Jurusan SMA ini di kenal ada 3, Yakni IPA, IPS, Dan bahasa. Mari Kenali 3 Jurusan itu :
1. IPA / MIPA ( Ilmu Pengetahuan Alam / Matematika IPA
    Jurusan IPA/Mipa Ini sangat di Incar oleh siswa yang Pintar/Suka Matematika. Tidak heran di juluki Sainsteknya sekolah. Jurusan ini paling anti dengan Siswa yang tidak menyukai Hitung-hitungnya sebab beranggapan akan sulit menerima pelajarannya. Jurusan Ipa/MIPA ini di pecah Menjadi 3. Yakni, Biologi , Fisika ,Kimia, Matematika 2. Detailnya :
  • a. Biologi, Biologi ini Mempelajari Makhluk Hidup baik Manusia, Tumbuhan, dan Hewan, Biologi ini mengupas Lebih luas Ketimbang Masa SMP lalu. Ini Akan Menunjang Juga Peguruan Tinggi Kelak. Biologi ini pelajaran sangat di sukai oleh Anak Jurusan IPA/MIPA, Sebab Materi ini Terdapat sehari-hari dan mudah di pahami oleh kebanyakan siswa. Bahasa Ilmiah Pun Mulai di Perkenankan Biologi SMA ini.
  • b. Fisika, Fisika ini Pelajaran paling membosankan bahkan di hindari sebab ini pelajaran hitung-hitungan adenya dari Matematika itu sendiri. Pembahasan FISIKA SMA akan lebih luas lagi sehingga jangan kaget apabila terdapat kata, kalimat yang Fisikawan Sekali. Untung SMP Di Pelajari dengan giat sehingga bisa menerima Pelajaran. 
  • c. Kimia, Kimia ini di masa SMP Membahas Asam, Basa, Garam, Senyawa-Senyawa dan Atom-Atom itu singkatnya. di SMA kamu akan menemukan Hitung-hitungan dari senyawa Atom itu bahkan memiliki Struktur Unsur Materi Itu. Jangan kaget Seolah kamu Pusing untuk menjawabnya. Kamu harus mempeljari bukunya dahulu sebelum di jelaskan oleh guru kelak.
  • d. Matematika 2, Matematika 2 bersifat Khusus dengan matematika Umumnya. Bedanya Matematika 2 ini berkaitan dengan Fisika , Kimia , maupun Biologi. Kalo Matematika Umum seluruh SMA Di pelajari. Jika kamu IPA nya tidak memiliki Matematika 2 Bersyukurlah.
2. IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial )
    Jurusan IPS Ini Paling di minati sebab Materi Yang di ajarkan berupa Teori sedangkan sedikit Hitung-Hitungan. Jurusan ini biasanya di isi dengan siswa yang tidak menyukai Hitung-hitungan sehingga berahli ke IPS ini. Jurusan IPS ini di pecah menjadi 3 Yakni Sosiologi, Ekonomi dan Geografi. Detailnya :
  • a. Sosiologi , Sosiologi SMP Di kenalnya IPS, Sudah di pelajari detail sekali sehingga ngantuk semakin banyaknya penjelasan Teori ini. Sosiologi membahas Tentang Masyarakat/Bersosialisasinya masyarakat kepada masayarakat. di sini kamu akan di latih interaksi sosial kepada masayarakat supaya Tidak Malu kamu berada di jurusan ini.  Materinya Lebih Luas lagi di bahas Masa SMA ini siap-siap saja Mengasyikan.
  • b. Ekonomi, Ekonomi Ini Hitungannya Anak IPS, Materi Ekonomi di SMP lalu yaitu menghitung keuntungan dan kerugian dalam Usaha. di SMA ini Cakupannya akan Lebih Luas Lagi sehingga kamu harus siap-siap menghitung. Tenang aja tidak sesusah Fisika di IPA. 
  • Geografi, Geografi di masa SMP Terkait dengan Peta Indonesia , Maupun Dunia. Di geografi SMA ini kamu akan mendapat materi lebih rinci lagi Tentang sebuah negara, Benua dll sangat mengasyikan untuk di bahas.
3. Bahasa
    Jurusan Bahasa Ini tidak Semua SMA Mengadakan. Sebab Menyangkut Perihal kelulusan kelas. Singkatnya jurusan Bahasa ini kamu akan mendapat materi lebih detail lagi tentang Penulisan, Bonusnya mempelajari Bahasa Asing setelah Bahasa Inggris, Seperti , Jepan, Jerman, Francis dll. Tenang aja kamu di jurusan ini Tidak ada Hitung-Hitungan namun Tantangan kamu harus biasa menghadapi lingkungan berbahasa Asing.
LULUSAN SMA :
Bagian Penting berproses 3 Tahun Harus mengetahui Lulusanya. Berhasilnya masa SMA ini dengan ketekunan kamu selama ini di barengi dengan nilai yang memuaskan, Penulis akan Membahas Singkat dengan Perhitungan NILAI kamu :
  • a. Kamu Bernilai Tinggi , Jika Kamu Bekerja Akan mendapat Kerja yang sangat baik, di nilai mampu berproses 3 tahun lamanya di sekolah. Jika Kuliah sangat di mudahkan masuk Negeri , Kamu akan sangat bersyukur mendapat yang Favorit.
  • b. Kamu Bernilai Standard, Jika kamu Bekerja Kamu harus Was-Was dengan Calon Rekanmu. sebab jika kamu kurang dari dia kamu bisa tersingkir. apabila kamu mampu punya rencana insya allah kamu akan mendapatkan pekerjaan yang baik. Jika kamu Kuliah, kamu harus memiliki usaha yang ektra sebab jika rezekimu tidak lewat Raport Kamu harus Ujian dengan Saingan yang cukup berat.
  • c. Kamu Bernilai Rendah, Jika kamu bekerja jangan harap mendapat pekerjaan yang baik, sebeb kamu selama sekolah sudah tidak Serius menjalankan. Jika kamu Kuliah akan sangat berat apabila Raport, Ujian kamu tidak ada Usaha-usahanya. Berlatihlah sebelum Terjadi.
So, Para Pelajar Mau Pilih yang mana Bernilai Tinggi atau Rendah. Tentu juga di barengi dengan Akhlak yang baik sehingga berjalan lancar setiap persoalan. Pikirkan baik-baik gambar an kelak kamu akan merasakan sendiri Masa SMA itu. 
    Artikel ini hanya sebuah Pendapat dari Teman-Teman Penulis yang di tuangkan berupa Cerita Sehingga bisa di Proyeksikan dengan baik gambaranya untung Pelajar Lulus SMP.  Selanjutnya Pembahasan SMK berada di Judul JILID 2. Tinggalkan Koment yang membangun agar dapat di perbaiki tulisan kelak. Terima kasih
wassalamualaikum wr.wb

Kings_Site.id

Komentar